Selasa, 11 Juni 2013

Aplikasi Gelombang Bunyi





1.      Mengukur kedalaman laut
Kedalaman laut, lokasi kawanan ikan dibawah kapal dapat ditentukan dengan teknik pantulan pulsa ultrasonic. Pulsa ultrasonic dipancarkan oleh instrument yang dinamakn fathometer. Ketika pulsa mengenai dasar laut atau kawanan ikan pulsa tersebut dipantulkan dan diterima oleh sebuah penerima.
Dengan mengukur selang waktu antara saat pulsa ultrasonic dipancarkan dan saat pulsa ultrasonic diterima, kita dapat menghitung kedalaman laut. Jika pulsa pancar memerlukan waktu lama untuk kembali ke penerima, bearti lautnya dalam. Jika pulsa pancar memerlukan waktu singkat untuk kembali kepenerima bearti lautnya dangkal.

2.      Mendeteksi retak-retak pada struktur pada logam bagian –bagian pesawat.
Untuk mendeteksi retak dalam struktur logam atau beton digunakan scanning ultrasonic. Teknik scanning ultrasonic inilah yang digunakan untuk memeriksa retak-retak tersembunyi pada bagian-bagian pesawat terbang, yang nanti bisa membahayakan penerbangan pesawat. Dalam pemeriksa rutin, bagian-bagian penting dari pesawat discanning secara ultrasonic. Jika ada retakan dalam logam pantulan ultrasonic dari retakan akan dapat dideteksi. Retakan ini kemudian diperiksa dan segera diatasi sebelum pesawat diperkenankan terbang.

3.      Mencuci benda denga ultrasonic frekuensi tinggi
Suatu objek (berlian, komponen-komponen elektronik atau bagian-bagian mesin) dicelupkan dalam suatu cairan. Gelombang ultrasonic kemudian dikirim melalui cairan, menyebabkan cairan bergetar sangat kuat. Getaran cairan akan merontokkan kotoran yang menempel pada objek tanpa harus menggosok kotoran itu dengan keras.

4.      Survey geofisika untuk mendeteksi minyak bunyi
Suatu gempa bumi ledakan dasyat membangkitkan gelombang-gelombang bunyi yang dapat  menempuh perjalanan yang sangat jauh melalui bumi. Jika getaran-getaran ini dicatat oleh seismograf diberbagai tempat di permukaan bumi, catatan-catatan ini dapat digunakan untuk mendeteksi, menentukan lokasi dan mengklasifikasikan gangguan-gangguan atau untuk memeberikan informasi tentang dtruktur bumi.

5.      Mendeteksi penyakit
Ketika pulsa-pulsa ultrasonic menumbuk sebuah dinding, pulsa-pulsa tersebut sebagian dipantulkan dan sebagian lagi diterusakan. Pulsa- pulsa dipantulkan ketika mengenai suatu perbedaan massa jenis yaitu pada bidang batas antara udara dan dinding.
Dalam tubuh manusia pulsa –pulsa ultrasonic dipantulkan oleh jaringan-jaringan, tulang-tulang dan cairan tubuh dengan massa jenis berbeda. Membaliknya pulsa-pulsa ultrasonic yang dipancarkan dapat menghasilkan gambar-gambar bagian dalam tubuh yang dijumpai oleh pulsa-pulsa ultrasonic pada layar osiloskop.

Sumber :
Kasli, Elisa. 2011. Gelombang. Banda Aceh : Darussalam.




0 komentar:

Posting Komentar