Selasa, 11 Juni 2013

REFREKSI, REFRAKSI DAN DIFRAKSI


Dalam medium homogen, seperti udara dengan kerapatan konstan, gelombang akan menjalar dengan garis lurus searah berkas. Pada jarak yang jauh dari sumber titik, bagi suatu bagian kecil muka gelombang dapat didekati dengan suatu bidang, dan berkas-berkas hampir merupakan garis-garis paralel; gelombang demikian disebut gelombang bidang. Analogy dua dimensi untuk gelombang bidang adalah gelombang garis, yang merupakan suatu bagian kecil muka gelombang sirkular atu melingkar yang berada pada jarak yang sangat jauh dari sumber. Gelombang ini juga dapat dihasilkan dalam tangki riak dengan suatu sumber garis.
Bila suatu gelombang datang suatu permukaan batas yang memisahkan dua daerah dengan laju gelombang berbeda maka sebagian gelombang akan dipantulkan dan sebagian lagi akan ditransmisikan. Ini terjadi misalnya ketika suatu gelombang bunyi di udara menumbuk suatu permukaaan padat atau cair. Berkas yang terpantul membentuk sudut dengan garis normal permukaan yang besarnya sama dengan sudut berkas datang, sebaliknya berkas yang ditransimisikan akan dibelokkan atau enjauh dari garis normal bergantung apakah laju gelombang dalam medium kedua lebih kecil atau lebih besar daripada laju gelombang dalam medium datang. Pembelokkan berkas yang ditransimisikan disebut refraksi atau pembelokkan.
Jumlah energy bunyi yang dipantulkan dari permukaan bergantung pada permukaan dinding, lantai dan langit-langit datar dapat menjadi pemantulan yang baik. Sebaliknya, bahan yang kurang keras dan berpori seperti; kain, tirai dan taplak perabot akan banyak menyerap bunyi datang. Refleksi atau pemantulan gelombang bunyi memainkan suatu peran penting dalam perancangan ruang perkuliahan, perpustakaan dan auditorium music. Dalam ruang perkuliahan denagan banyak permukaan pemantulan datar pembicaraan sulit untuk dimengerti karena banyak gaung yang tiba pada waktu yang berbeda pada telinga pendengar dan bahan penyerap sering ditempatkan pada dinding langit untuk mengurangi pemantulan. Sedangkan, pada ruangan konser dilapisi pemantul yang ditempatkan  dibelakang orchestra dan panel- panel pemantulnya digantung dilangit – langit untuk memanatulkan kemebali ke pendengar.
Penjalaran gelombang berbeda dengan penjalaran aliran partikel. Aliran pertikel yang mengenai perintang dengan lubang kecil atau celah. Partikel-partikel yang menembus lubang akan terbatas hanay pada suatu sudut yang kecil. Sedangkan berkas-berkas yang menyatakan penjalaran gelomabng lingkaran menuju perintang. Setelah melewat perintang, berkas akan membelok melengkungi pinggir-pinggir lubang kecil tersebut. Pembelokkan berkas ini, yang hingga batas tertentu selalu terjadi ketika sebagian muka gelombang dibatasi , maka pada peristiwa ini disebut difraksi.
Sumber :

Tripler.1999.Fisika untuk Sains dan Teknik. Jakarta:Erlangga.

0 komentar:

Posting Komentar