Selasa, 11 Juni 2013

INTENSITAS



Gelombang memindahkan energi dari satu tempat ke tempat lain. Sewaktu gelombang melalui medium, energi dipindahkan dalam bentuk energi getaran dari partikel satu ke partikel lain dalam medium. Untuk gelomabng sinusoida dengan frekuensi f, partikel-partikel bergetar harmonic sederhana sewaktu gelombang melalui partikel-partikel tersebut sehingga setiap partikel memiliki energi E = ½ ky2, dengan y adalah amplitude gerak partikel dan k adalah tetapan gaya. Telah anda ketahui bahwa k = m w2 dan w =2 πf, sehingga energi gelombang dapat kita nyatakan sebagai:
E= 1/2 m w2 y2 = 2π2 mf2 y2
Energi ynag dipindahkan oleh gelombang biasanya dinyatakan dalam intensitas gelombang. Intensitas gelombang (diberi lambang I) didefenisikan sebagai daya gelombang yang dipindahkan melalui bidang seluas satu satuan yang tegak  lurus pada arah cepat rambat  gelombang. Secara matematis ditulis:



Jika suatu gelombang memancar dari sumber gelombang kesegala arah, maka gelombangnya merupakan gelombang tiga dimensi. Contohnya adalah gelombang bunyi yang memancar diudara, gelombang gempa bumi dan gelombang cahaya.
Sumber :
Agus T, Hari s. 2006. Sains Fisika SMA/ MA 1, 2, 3. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Kasli, Elisa. 2011. Gelombang. Banda Aceh : Darussalam.


0 komentar:

Posting Komentar